Smooch

Jumat, 22 Mei 2015

TIPS AMAN BERBURU TIKET PESAWAT ONLINE TERMURAH


Dewasa ini, dengan semakin banyaknya orang melakukan perjalanan jauh dan kebanyakan menggunakan moda transportasi udara, serta-merta menjamurlah penyedia jasa perjalanan atau biasa disebut travel agency; dan seiring kemajuan teknologi khususnya IT, bermunculan jugalah travel agency online, baik agency baru maupun agency lama/konvensional yang ikut melebarkan sayapnya di dunia online. Hal ini tentu memberi nilai tambah dan kenyamanan yang lebih bagi konsumen.

Namun, sejalan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, timbullah pula peluang-peluang bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan yang tidak halal. Anda yang hendak mempergunakan layanan via travel agency online ini hendaknya berhati-hati dan memperhatikan ha-hal berikut:



1. Hindari memesan tiket pesawat hanya via telepon atau SMS, terlebih jika yang ditampilkan hanya nomor HP. Travel agency yang kredibel umumnya memiliki call center, yang melayani calon customer 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Kerawanan melakukan reservasi tiket pesawat melalui telepon dapat terjadi seperti ini. Penipuan dapat dilakukan dengan modus menggunakan kartu kredit palsu/curian. Si pelaku biasanya memasang iklan kolom di media cetak dengan iming-iming penawaran tiket murah, dan apabila sudah terjaring korban yang tergiur iklan tersebut, dan terjadi kesepakatan (melalui telepon) mengenai tujuan penerbangan dan harga tiket (yang dimurah-murahkan oleh pelaku tentunya), dan si calon korban disuruh mentransfer uang sejumlah yang disepakati ke akun yang ditentukan oleh si pelaku, yang kemudian memesan tiket ke airline yang bersangkutan (dengan harga asli) dan mendapatkan kode booking yang kemudian diberikannya kepada si calon korban. Tentu saja pada saat itu nama si calon korban benar-benar tercantum pada daftar penumpang airline tersebut, hingga si calon korban takkan curiga  pada waktu mengecek atau mencetak tiket di kantor airline tersebut. Segala sesuatu seolah berjalan normal tanpa masalah hingga sang calon penumpang hendak check-in di bandara. Tanpa disadari sang calon penumpang, pemilik asli kartu kredit curian tersebut mengeluhkan pada bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut, bahwa ia tidak merasa melakukan transaksi pembelian tiket, dan menolak membayar tagihannya; pihak bank kemudian membatalkan transaksi yang sudah terjadi, dan pada gilirannya airline juga membatalkan transaksi pembelian tiket tersebut, dan nama si calon penumpang dihapus. Calon penumpang ini, yang tidak tahu-menahu sama sekali, bisa dibayangkan betapa terkejutnya dia saat tiba di bandara dan mendapati namanya tidak tercantum dalam daftar penumpang penerbangan tersebut. Fatal bukan?

2. Perlu diwaspadai juga modus penipuan dengan menggunakan akun palsu di media sosial yang mengatasnamakan travel agency ternama (misalnya Nusatrip.com pernah mengalami hal ini), dan dibuat sedemikian rupa hingga seolah-olah benar mewakili travel agency yang bersangkutan, lengkap dengan logo asli dan foto-foto kegiatan agency tersebut. Hati-hatilah, jangan mudah tertipu!

3. Pastikan travel agency online tersebut memiliki reputasi baik, sistem yang terintegrasi dengan sebagian besar (kalau tidak semua) airline di Indonesia, sehingga Anda sebagai calon customer lebih leluasa mencari dan membanding-bandingkan harga tiket, ketersediaan dan fasilitasnya pada rute dan tanggal yang diinginkan.
Travel agency online yang kredibel dapat dikenali dari website yang digunakan. Nama airline, rute, kelas, harga, tiket, fasilitas yang tersedia (misalnya jumlah maksimum bagasi free yang diizinkan) langsung ditayangkan secara real-time, yang takkan mungkin dilakukan oleh agency palsu/abal-abal, karena travel agency abal-abal biasanya tidak memiliki teknologi yang memadai dan terintegrasi dengan berbagai airline.

4. Perhatikan juga cara pembayaran yang ditawarkan. Jika melalui online banking, maka biasanya travel agency yang terpercaya terintegrasi dengan e-banking solutions di bank-bank besar, yang menandakan travel agency tersebut sudah memiliki kontrak e-commerce secara profesional dengan bank -- suatu hal yang tidak mungkin diperoleh agency yang abal-abal.
Jika melalui transfer bank, perhatikan akun bank yang dipergunakan agency tersebut. Sewajarnya travel agency yang profesional itu menggunakan akun virtual, yang jumlah digitnya lebih banyak daripada akun bank biasa, dan sewajarnya akun tersebut menggunakan nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

5. Tips pamungkasnya adalah: memang melakukan reservasi tiket secara online via website suatu travel agency memberi kenyamanan tersendiri, karena dapat dilakukan kapan saja, di mana saja. Namun, ada satu nilai tambah, apabila Anda sebelum mengunjungi website  dari travel agency tertentu, terlebih dahulu mengunjungi website khusus yang menayangkan perbandingan (comparison) dari harga-harga tiket yang ditawarkan berbagai travel agency dan langsung merekomendasikan yang TERMURAH. Lebih menguntungkan, bukan?
Salah satu website yang seperti itu adalah WEGO.CO.ID, yang secara langsung merekomendasikan harga tiket termurah, dan tentunya hanya menayangkan penawaran dari travel agency yang terpercaya dan terbukti kredibilitasnya saja.


Demikianlah sedikit tips yang dapat kami bagikan. Akhir kata, selamat berburu tiket pesawat murah, dan semoga perjalanan Anda menyenangkan. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar